Bahasa merupakan sistem perlambangan manusia baik lisan maupun tertulis untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Para ahli mengemukakan bahwa hampir semua wilayah di Indonesia terdiri dari rumpun bahasa Austronesia. Meskipun di Indonesia bagian Timur mengucapkan menggunakan  bahasa Papua yang berpusat di Nugini.

Secara harfiah, kata Austronesia berarti kepulauan selatan. Bahasa Austronesia sendiri saat ini diperkirakan berjumlah sekitar 1262 bahasa. Di Indonesia sendiri terdapat 190 juta bahasa yang dituturkan (digunakan untuk percakapan/ diucapkan sehari-hari).

Rumpun bahasa Austronesia merupakan rumpun bahasa yang sangat luas persebarannya di dunia. Rumpun Bahasa Austronesia digunakan di daerah Asia Tenggara, Oseania, Madagaskar, Taiwan, Suriname. Rincian wilayah persebaran bahasa Austronesia meliputi daerah Taiwan dan Hawaii (di utara) sampai Selandia Baru (di selatan) dan dari Madagaskar (di barat) sampai Pulau Paskah (Rapanui) di Timur.

Rumpun Bahasa Austronesia terdiri dari 2 sub kelompok, yaitu:

  1. Bahasa Formosa

Digunakan hanya di daerah kepulauan Taiwan/Formosa

  1. Bahasa Melayu-Polinesia
  2. Bahasa Melayu-Polinesia Barat (Jawa, Sumatra, Semenanjung Melayu). Meliputi daerah Filipina, Vietnam, Madagaskar, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, Sumbawa bagian barat
  3. Bahasa Melayu-Polinesia Timur Tenggah
  4. Bahasa Melayu-Polinesia Tengah (Maluku dab Nusa Tenggara). Meliputi daerah Sunda kecil mulai dari Sumbawa bagian timur, Maluku kecuali Halmahera
  5. Bahasa Melayu-Polinesia Timur (Halmahera hingga Oceania). Meliputi Halmahera Selatan hingga Nugini Barat, Oceania, Kepulauan Pasifik, Melanisia, Mikronesia, dan Polinesia.

Bahasa Austronesia berakar dari daerah pantai Cina Selatan dan sebagai rumpun bahasa, bahasa Austronesia berasal dari daerah Taiwan (Formosa). Kira-kira sudah ada dan berkembang disana sejak 6000 SM.

Arus persebaran bahasa di Indonesia

1.      4000 SM, rumpun bahasa Austronesia masuk dan mulai berkembang di Indonesia

2.      1500 SM tersebar bahasa Melayu dan bahasa Jawa di Indonesia

Bahasa Melayu merupakan bahasa termuda diantara bangsa lain di dunia. Merupakan bahasa keempat dalam urutan jumlah penutur terpenting bagi bahasa-bahasa di dunia setelah bahasa Mandarin, Inggris, dan Urdu (Hindi). Para ahli menyampikan bahwa bahasa Melayu berasal Kepulauan Melayu (berasal dari Sumatera Selatan di sekitar Jambi dan Palembang)

3.      Perkembangannya bahasa di Indonesia bagian timur menjadi lebih beragam sebab terjadi percampuran antara rumpun Austronesia dengan bahasa Papua.