Up Film Animasi Terbaik
up (pixar.com)

Los Angeles (ANTARA News) – Film petualangan produksi Disney/Pixar meraih penghargaan film animasi terbaik Oscar Minggu waktu setempat. Oscar untuk “Up” menjadikan Pixar Animation Studios, yang dibeli dari Walt Disney Co tahun 2006, terdepan dalam animasi dengan lima Oscar sejak penghargaan pertama diberikan tahun 2002.

Sutradara “Up” Pete Docter menerima penghargaan mewakili studio dan tim animasi.

“Saya tak pernah bermimpi bila flipbook buku matematika kelas tiga saya akan membawa saya pada ini,” kata Docter, seperti dikutip dari Reuters.

Flipbook adalah animasi kasar yang sering dibuat anak-anak dengan menggambar pada serangkaian lembar kertas yang tampak bergerak saat halaman dibalik.

“Up” dirilis Mei tahun lalu dalam bentuk 3-D dan meraih pendapatan lebih dari 700 juta dolar di box office seluruh dunia.

Film itu bercerita mengenai seorang tua bernama Carl yang susah diatur dan anak laki-laki bernama Russell. Keduanya terbang dalam sebuah rumah yang terikat pada balon helium. Ed Asner mengisi suara Carl.

Mereka mendarat di Amerika Selatan dan bertemu penjelajah lanjut usia dan terkucil bernama Charles Muntz. Muntz memiliki misi hidup untuk menemukan burung langka yang tidak bisa terbang.

Waktu kecil Carl mengidolakan Muntz. Namun, di hutan Amerika Selatan yang terpencil dia mengetahui bahwa sang penjelajah lebih menyeramkan dari yang dia bayangkan.

“Up” juga mendapat nominasi film terbaik, satu-satunya film animasi selain “Beauty and the Beast” yang mendapat nominasi itu.”Up” juga mendapat nominasi skenario asli terbaik, musik asli terbaik dan sound editing terbaik.

Para pengamat Hollywood sudah berharap “Up” menang Oscar untuk kategori film animasi terbaik. Kategori film animasi terbaik diperbanyak dari tiga film menjadi lima film. Lainnya adalah “Coraline”, “Fantastic Mr. Fox”, “The Princess and the Frog” dan “The Secret of Kells”.

Dalam Academy Awards tahun ini, “Up” menjadi satu-satunya nominee yang dibuat dengan CGI (Computed-Generated Imagery). “The Princess and the Frog” , “The Secret of Kells” ,”Coraline” dan “Fantastic Mr. Fox” dibuat dengan teknik stop-motion.

Docter memperoleh enam nominasi Oscar sepanjang kariernya termasuk untuk skenario film “WALL-E” tahun 2008 dan untuk “Monster Inc” tahun 2001.

Pesaing terdekat Disney/Pixar untuk film animasi terbaik adalah adalah DreamWorks Animation SKG yang sudah punya dua kemenangan.

Tahun ini “Up” menang film terbaik Annie Award (penghargaan untuk industri film animasi) dan juga memperoleh Golden Globe