Mungkin kita semua sudah tau bom yang dijatuhkan di Hirosima dan Nagasaki pada Perang Dunia II yaitu Little Boy dan Fat Man, yang mampu meratakan kedua kota tersebut. Namun ada satu lagi senjata maha maut yang daya ledaknya 10 kali lebih dahsyat dari kedua bom tersebut bila disatukan.
Senjata mematikan itu adalah Tsar Bomba, dari namanya saja kita sudah bisa tau kalau bom ini adalah ciptaan Negara Adidaya di Eropa Timur, yaitu Uni Soviet (sekarang Rusia). Bom berbahan utama Hidrogen ini berkode RDS-220 Ivan. Bom gede ini pernah di ujicoba pada 30 Januari 1961 dengan berat 27 ton ini diluncurkan dari sebuah pesawat pembom Tu-95 di daerah Kepulauan Novaya Zemlya yang terpencil di sekitar Laut Arktik, daya ledak yang dihasilkan oleh bom bongsor ini adalah 50 Megaton. Awalnya, Tsar Bomba direncanakan memiliki daya ledak sebesar 100 Megaton TNT tetapi dibatalkan karena berdampak luas bagi Atmosfer. Ledakan dapat terlihat sampai 1.000 km dari tempat peledakan.
Ketinggian Jamur Api yang dihasilkan oleh bom ini setinggi 64 kilometer, ionisasi dari ledakan menyebabkan gangguan radio komunikasi selama berjam-jam. Parasut digunakan untuk mencegah bom meluncur terlalu cepat.
Bom Tiruan disimpan di Sarov. Meski demikian, bom ini tidak masuk jajaran arsenal Uni Soviet karena terlalu besar dan sangat berbahaya bagi pesawat yang membawanya.

dikutip dari berbagai sumber
Vodpod videos no longer available.